SMS/WA: 0823-6050-5000 BB:d1-8b-9c-a5
SMS/WA:0823-6050-5000
BB:d1-8b-9c-a5


Tips Membersihkan Topi Satuan Sesuai Dengan Bahannya

Bagi wanita, topi merupakan aksesoris yang dipakai untuk mempercantik setiap penampilannya. Begitu dengan pria, topi dikenakan untuk bergaya menjadi percaya diri. Topi dapat digunakan melindungi kepala dari sinar matahari. Seiring perkembangan, banyak bahan yang digunakan membuat topi satuan. Jenis topi yang banyak memudahkan melakukan padu padan pada pakaian yang dikenakan.

Banyaknya bahan topi membuat anda harus memberi perhatian secara khusus untuk merawat topi. Salah satu yang harus anda ketahui adalah cara membersihkan topi. Dengan begitu dapat tampil maksimal setiap kesempatan. Ada banyak yang tidak mengetahui cara mencuci topi. Kesalahan mencuci dapat berakibat merusak topi. Misalnya, warna pudar, serat menjadi kasar, atau kerusakan permanen yang lainnya. Dengan mengetahui cara mencuci topi berbagai macam bahan, maka akan tetap terjaga tentang kebersihannya. Selalu siap saat dipakai kapanpun sesuai keinginan.

Cara Mencuci Topi Satuan Dari Berbagai Bahan

Salah satu bahan topi adalah rajutan, bahan yang satu ini sangat sensitif pada air dan mudah mengembang saat terkena air. Maka tips mencuci topi rajutan ialah jangan menggunakan air saat mencuci, tapi di dry clean. Dengan dry clean, topi satuan milik anda akan jadi bersih tanpa terkena air. Sedangkan untuk mencuci topi anyaman dari bambu lebih mudah. Buatlah campuran air menggunakan sabun cair. Kemudian masukan topi dan sikat secara perlahan pada bagian yang kotor. Jika telah bersih, bilas dengan air sampai cairan sabun hilang. Hindari untuk mengoleskan sabun di permukaan topi sebab kandungan kimia sabun bisa merusak serat bambu.

Selain kedua bahan topi tersebut ada beberapa bahan lainnya, yaitu:

  • ·         Cara mencuci topi dari bahan kain

Mencuci dari bahan kain cukup mudah, namun tidak boleh menyepelekan karena salah mencuci berakibat pada warna yang berubah. Saat mencuci pisahkan topi kain dari pakaian yang lain, terutama yang memiliki resiko luntur. Biasakan mencuci topi warna gelap menggunakan air dingin dan warna cerah menggunakan air hangat untuk mengangkat noda. Gunakan air yang telah dicampur detergen sebelum mencucinya.

  • Cara mencuci topi dari bludru

Bahan bludru rentan terhadap kerusakan. Hindari untuk mencucinya dengan air, terlebih lagi mencelupkan dalam air, karena bisa menghilangkan kelembutannya. Jangan menggunakan sabun karena membuat bludru jadi kasar. Cara membersihkan yang tepat adalah dengan dry clean. Untuk noda yang membandel, gunakan sikat lembut. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung, hanya diangin-anginkan sudah cukup.

  • ·         Cara mencuci topi suede

Walaupun berbahan suede mirip dengan bahan bludru, tetapi kedua bahan ini berbeda. Cara membersihkannya juga berbeda. Mencuci topi suede, dapat menggunakan sebuah cairan pembersih yang khusus suede. Pilih cairan pembersih berkualitas dan bacalah aturan pemakaian lebih dahulu.

  • Cara mencuci topi wool

Biasanya wool berasal dari bulu binatang, domba atau kambing. Walau terlihat sulit dibersihkan, tetapi sebenarnya cukup mudah dibersihkan. Gunakan sikat yang khusus wool serta cairan khusus pembersih untuk menjaga topi bersih dan terawat. Topi wool milik anda terawat dengan baik sehingga bisa dipakai setiap hari untuk menunjang gaya.

Ada satu jenis topi lagi yaitu topi beraksesoris terbuat dari bermacam-macam bahan. Jenis ini paling sulit dibersihkan karena terdapat aksesorisnya. Pernak-pernik topi satuan aksesoris dapat terbuat dari pita, pin, atau lainnya. Untuk topi aksesoris dari kain, cara mencucinya dengan air hangat dicampur detergen. Masukan topi lalu gosok dengan sikat lembut.

Hubungi kami:
Alamat: Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta
HP: 0823-6050-5000
BB: d1-8b-9c-a5
Email: topisatuan@gmail.com